Pakar Telematika Yakin Foto Nunun di Tempo.co Asli

Written By Catatan Humla on Sabtu, 26 November 2011 | 08.00

foto

Nunun Nurbaeti di Singapura. Istimewa

Jum'at, 25 November 2011 | 19:17 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Pakar Telematika Roy Suryo, yakin dengan keaslian foto Nunun Nurbaeti yang dimiliki oleh Tempo. Menurutnya, foto ini diambil melalui kamera yang tersembunyi dalam sebuah tas. "Itu foto diambil melalui hiden movie cam yang disembunyikan dalam tas," ujarnya melalui pesan BlackBerry kepada Tempo, Jumat 25 November 2011.

Pencarian terhadap Nunun Nurbaeti sampai saat ini memang masih nihil. Keberadaan istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun ini pun dikabarkan kerap berpindah-pindah negara. Ia pertama kali keluar dari Indonesia menuju Singapura saat kasus cek pelawat mencuat ke publik. Dengan dalih mengobati penyakit lupa ingatannya, Nunun tak juga kembali sampai saat ini.

Dalam pelariannya, Nunun sempat terdeteksi berada di Thailand beberapa bulan lalu. Namun, Komisi Pemberantasan Korupsi yang membuntuti Nunun tak dapat menangkapnya karena Nunun diduga dilindungi oleh kekuatan besar. Foto terakhir, Nunun terlihat disebuah kawasan perbelanjaan di Singapura. Ia terlihat bugar dan sedang menikmati berbelanja di negeri singa itu. Bahkan, ia dikabarkan sempat kembali ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Nunun Nurbaeti tertangkap sebuah kamera sedang berbelanja di pusat perbelanjaan Singapura. Berdasarkan Foto yang dimiliki Tempo, Nunun terlihat sehat dan tengah menikmati berbelanja di kawasan Mandarin Orchad, Singapura.

Roy mengaku yakin bahwa foto yang dimiliki Tempo asli. Namun, menurutnya, foto itu berasal dari penggalan kamera video. Melihat dari sudut pengambilan dan alat yang digunakan, Roy mengatakan bahwa gambar ini tidak diambil oleh orang biasa. "Pengambilnya saya kira adalah orang yang sebenarnya sudah mengikuti yang bersangkuatn sejak lama," ujarnya.

Ia sendiri belum bisa memastikan kapan waktu pengambilan gambar tersebut. Alasannya, "Karena data masih sangat simple potongan gambar. Tetapi saya yakin kok akan keluar videonya, nanti bisa terlihat metadata waktu pengambilannya," ujar anggota DPR Komisi Informasi dan Pertahanan dari Fraksi Partai Demokrat ini.

FEBRIYAN


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar