Microsoft dan Komunitas Pengembang

Written By Catatan Humla on Sabtu, 03 Desember 2011 | 11.10

foto

Microsoft. REUTERS/Tobias Schwarz

Sabtu, 03 Desember 2011 | 05:44 WIB

TEMPO.CO, Jakarta:Saat ini sudah ada beberapa pengembang yang memanfaatkan tools untuk mengembangkan Open Source di Microsoft Platforms, di antaranya http://www.fupei.com dan http://prohukum.com.

Menurut Heriyadi, Microsoft telah bekerja sama dengan pengembang aplikasi Open Source Software (OSS) di Indonesia. “Bagi kami kerja sama ini akan saling menguntungkan, terutama di era cloud seperti saat ini,” katanya kepada Tempo, Kamis lalu.

Di era cloud, pengembang OSS dapat berfokus pada pengembangan aplikasi. Microsoft tinggal menyediakan platform andal, manajemen yang mudah, dan keamanan yang terjamin.

Selain itu, melalui Microsoft Open Source Interoperability Laboratory, Microsoft menjalankan kerja sama dengan berbagai komunitas.

Proyek tersebut bertujuan membangun jembatan antara Microsoft platform dengan proyek Open Source yang ada saat ini. “Ini termasuk menyediakan SDK, source code, dan dokumentasi,” kata Heriyadi.

Di Indonesia, Microsoft bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam mengembangkan Microsoft Open Source Interoperability Laboratory.

Kerja sama itu dilakukan dalam bentuk Microsoft Innovation Center, yang merupakan bagian dari program citizenship Microsoft.

Fokus utama Open Source Interoperability Laboratory di Universitas Indonesia adalah mencakup aplikasi Open Source dan platform Windows, tanpa batasan pada jenis teknologi yang digunakan.

Fokus awal Open Source Interoperability Laboratory adalah PHP dan Windows, mengingat besarnya komunitas PHP di Indonesia.

Adapun empat aktivitas utama dari Open Source Interoperability Laboratory, yakni penelitian mahasiswa, penelitian dosen, kompetisi inovasi, dan kolaborasi industri TI.

IQBAL MUHTAROM


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar