Senat Amerika Serikat Setujui Sanksi untuk Iran

Written By Catatan Humla on Sabtu, 03 Desember 2011 | 10.24

foto

Barack Obama. REUTERS/Pete Souza

Jum'at, 02 Desember 2011 | 16:48 WIB

TEMPO.CO, Senat Amerika Serikat dengan suara bulat setuju menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Iran sebagai buntut atas program nuklir Iran.

Dalam pengambilan suara yang diadakan kemarin waktu setempat, 100 orang setuju melawan 0 suara.

Bentuk sanksi ekonomi yang dijatuhkan antara lain seluruh perusahaan Amerika Serikat dilarang melakukan perdagangan dengan Iran termasuk berhubungan dengan Bank Sentral Iran.

Namun, sebelum keputusan tersebut dijalankan negara, harus mendapatkan persetujuan House of Representative dan Presiden Barack Obama.

Sanksi yang dijatuhkan kepada Iran ini sebagai upaya menekan Negeri Mullah untuk menghentikan program pengayaan nuklir yang dicurigai oleh negara-negara Barat bakal dikembangkan untuk keperluan militer.

Iran sudah berkali-kali membantah tuduhan tersebut. Menurut pejabat Iran, program nuklir yang dijalankan sekarang ini semata-mata untuk pembangkit tenaga listrik dan kebutuhan sipil.

Sementara itu dari Inggris diperoleh kabar, Jumat petang waktu setempat, seluruh diplomat Iran telah meninggalkan kedutaan besar di London. Kepergian mereka karena diusir pemerintah Inggris sekaligus sebagai bentuk balas dendam karena pemerintah Iran dianggap tak sanggup melindungi kantor kedutaan Inggris dari serbuan mahasiswa Iran, Selasa, 29 November 2011.

BBC | CA


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar