Gempa Goyang Wilayah Dekat Instalasi Nuklir Jepang

Written By Catatan Humla on Jumat, 25 November 2011 | 23.02

foto

Pembangkit tenaga nuklir (PLTN) di Fukushima, Jepang. AP/AIR PHOTO SERVICE

Jum'at, 25 November 2011 | 14:38 WIB

TEMPO.CO, Tokyo - Gempa berkekuatan 5,9 magnitude mengguncang wilayah di dekat instalasi nuklir Jepang, yang dihantam gempa dan tsunami pada 11 Maret 2011. Namun, sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut.

Badan Geologis Amerika Serikat menyatakan gempa tersebut terjadi pada Jumat, 25 November 2011 sekitar pukul 04.30 waktu setempat. Pusat gempa berada di 101 kilometer sebelah timur instalasi nuklir Fukushima Dai-ichi dengan kedalaman 37 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak mengumumkan adanya ancaman tsunami akibat gempa itu. Sejumlah gempa besar memang terjadi di wilayah ini pasca-gempa dan tsunami yang menewaskan tak kurang dari 20 ribu orang pada Maret lalu. Gempa tersebut juga memaksa 100 ribu orang mengungsi karena merusakkan instalasi nuklir Fukushima. Mereka belum tahu kapan akan kembali ke rumah masing-masing.

Wilayah itu berada di “cincin api”-- sebuah lingkaran zona gempa dan vulkanik yang membentang di sepanjang Lingkar Pasifik. Sekitar 90 persen gempa di dunia terjadi di kawasan ini.

SAPTO YUNUS | AP


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar