Yingluck Minta Maaf Kepada Raja

Written By Catatan Humla on Selasa, 06 Desember 2011 | 09.52

foto

Yingluck Shinawatra. REUTERS/Sukree Sukplang

Selasa, 06 Desember 2011 | 03:46 WIB

TEMPO.CO, Bangkok -- Gara-gara pesan di jejaring sosial, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra mendapat malu. Senin, 5 Desember 2011, Yingluck harus meminta maaf kepada Raja Thailand karena stafnya salah memasukkan foto dalam pesan ulang tahun kepada Raja di akun jejaring sosial Facebook.

Ia secara khusus memerintahkan Sekretaris Jenderal Kantor Perdana Menteri Banthoon Suphakwanit untuk mengirim penjelasan tertulis ke Kantor Urusan Rumah Tangga Kerajaan. Penjelasan ini juga disertai dengan permintaan maaf dari Yingluck.

Tetapi ia menolak dimintai konfirmasi karena, “Selama dua hari tidak bisa diwawancara untuk menghormati ulang tahun Raja.” Raja Bhumibol kemarin merayakan ulang tahunnya yang ke-84. Pemerintah pun menggelar perayaan untuk memeriahkan milad Baginda.

Akibat insiden ini, juru bicara Partai Demokrat, Thepthai Senpong, mendesak Yingluck berhenti menggunakan jejaring sosial. “Jika tak mau bertanggung jawab, sebaiknya Perdana Menteri harus berhenti menggunakan Facebook dan Twitter hingga akhir masa jabatannya. Saya tak mau kesalahannya terulang terus-menerus,” ucap Thepthai.

Theptai juga mengkritik anggota kabinet pemerintah yang ditudingnya tak becus, terutama dalam mengatasi banjir terburuk dalam kurun waktu 50 tahun terakhir di Thailand. “Jika ditanya menteri mana yang harus diganti, saya akan balik bertanya: adakah menteri yang telah menunjukkan kompetensinya?” ujarnya.

Meski memberikan rapor merah kepada seluruh jajaran pejabat pemerintahan, ia menolak memberikan penilaian lebih jauh. Sebab, kata Thepthai, masyarakat bisa menuding oposisi memiliki agenda tersembunyi untuk menjatuhkan pemerintah. “Lebih baik pemerintah mendengarkan warga lebih sering,” tuturnya.

BANGKOK POST | THE NATION | SITA PLANASARI A


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar